RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah             :     Manajemen Strategik (Strategic Management)
Kode Mata Kuliah  :    XMD-601
Jenis Mata Kuliah   :    Wajib Prodi
Semester                  :    II (dua)
SKS                             :    3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah:    

Mata kuliah ini dibuat agar mahasiswa dan masyarakat bisnis dapat mengenali peran penting manajemen strategik dalam manajemen perusahaan dan keterlibatannya untuk menghadapi perkembangan ekonomi di masa mendatang. Ruang lingkup manajemen strategik sangat luas, meliputi internal perusahaan dan eksternal perusahaan, termasuk juga perubahan global. Karena luasnya ruang lingkup ini, maka diperlukan pembahasan yang rinci di dalam perkuliahan ini.

Strategik manajemen adalah seperangkat keputusan manajerial dan action yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang, yang meliputi pengamatan lingkungan (environmental scanning), perumusan strategi (formulation strategy), penerapan strategi (implementation strategi), serta evaluasi dan kontrol (evaluation and control). Mata kuliah ini menekankan monitoring dan evaluasi atas kemungkinan-kemungkinan eksternal yang dapat menjadi peluang atau ancaman dan bagaimana strategi perusahaan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan tersebut melalui kekuatan dan kelemahan perusahaan. Dan akhirnya, menyusun dan menggunakan manajemen strategik dalam perusahaan dilakukan untuk mempertahankan agar perusahaan tetap dapat menghasilkan daya saing dalam lingkungan yang terus berubah.

Capaian Pembelajaran:    
Mata ajaran ini bertujuan kemampuan kognitif baik kemampuan analisis dan pemecahan kasus bisnis serta pengembangan kemampuan pribadi (soft skills). Setelah mengikuti mata ajaran ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya berupa :
•   Pemahaman tentang manajemen strategik ketika menghadapi persaingan kompetitif antar industri.
•   Kemampuan membuat visi, misi dan tujuan perusahaan untuk kemudian dapat membuat keputusan secara strategik, dengan melakukan scanning lingkungan eksternal dan    internal. 
•   Kemampuan memilih alternatif strategi baik strategi korporat, strategi bisnis maupun strategi fungsional dengan berfokus pada core compentencies perusahaan. 
•   Kemampuan mengimplementasi strategi melalui pengembangan program, budget dan prosedur serta penempatan karyawan maupun pimpinan sesuai dengan strategi yang diambil.
•   Kemampuan mengevaluasi, mengontrol implementasi strategi serta mengukur kinerja perusahaan

Proses Pembelajaran :    
Interaktif

Referensi:    
Wheelen, Thomas L and J. David Hunger (2018). Strategic Management and Business Policy. 15th Edition. Pearson.

Penilaian:    
Ujian Tengah Semester/Pre Final                                         =  30%
Ujian Akhir Semester/ Final                                                   =  40%
Quis dan Tugas, Paper dan Presentasi, Dan Partisipasi   =  30%
 

BRIEF CONTENT

 

ASSESSMENT

Ujian Tengah Semester/Pre Final                                         =  30%
Ujian Akhir Semester/ Final                                                   =  40%
Quis dan Tugas, Paper dan Presentasi, Dan Partisipasi   =  30%

METODE PEMBELAJARAN

Interaktif

REFERENSI